Epidemiolog Dinas Kesehatan Sulsel Jadi Dosen Praktisi di FIKK UNM, Mengajar pada Prodi Administrasi Kesehatan

LITERASI-ONLINE.COM, MAKASSAR – Epidemiolog Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi-Selatan, Nur Ani, S.KM., M.Kes menjadi dosen praktisi di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dipercaya membawakan mata kuliah  Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat di depan mahasiswa program studi Administrasi Kesehatan FIKK UNM di ruang seminar kampus Banta-bantaeng, 27 September 2022 lalu.
Dosen praktisi, Nur Ani, S.KM.,M.Kes, menegaskan pentingnya kolaborasi yang dilakukan dalam pengembangan mata kuliah ini, sehingga mampu meningkatkan relevansi mata kuliah yang diajarkan di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja.

“Karena itu kedepannya, kita berharap melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang salah satunya terkait dengan Praktisi Mengajar ini dapat terus berjalan dengan baik,” harapnya.Sementara itu, dosen pengampu mata kuliah, A. Ulfiana Fitri, S.KM., M.Kes, mengatakan bahwa peserta pada program ini adalah mahasiswa angkatan 2022 Prodi Administrasi Kesehatan sebanyak 305 orang  yang ikut program mata kuliah Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. “Jadi program ini adalah program praktisi mengajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk bersaing dalam dunia kerja,” katanya. “Bahkan program ini juga mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen, agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk perkuliahannya sudah selesai 3 kali pertemuan, yakni 27 september, 3 Oktober, dan 7 Oktober 2022 dari rencana pertemuannya sebanyak 6 kali pertemuan.Jumlah kelas sebanyak 2 kelas. Tiap kelas 3 kali pertemuan, masing-masing 2 kali secara Luring dan 1 kali Daring.

 “Perlu juga kami sampaikan bahwa koordinator mata kuliah ini adalah Andi Atssam Mappanyukki, S.Or., M.Kes, kemudian dosen pengampu mata kuliahnya saya sendiri, A. Ulfiana Fitri, S.KM., M.Kes bersama dengan partnert saya yakni Sri Rizkiani Kas, S.KM, M.Kes,” katanya kepada media, belum lama ini. (Wahyudin)

 

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *