PBL Tahap II Mahasiswa Administrasi Kesehatan FIK UNM, Realisasikan Bank Sampah di Desa Bontolanra Takalar

LITERASI-ONLINE.COM, TAKALAR – Praktek Belajar Lapangan (PBL) tahap 2 mahasiswa Program Studi Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK UNM) di Desa Bontolanra, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, sukses menjalankan programnya dengan merealisasikan bank sampah di tengah masyarakat Desa Bontolanra pada bulan Juli lalu.
Mahasiswa yang tergabung dalam program PBL 2 angkatan 2020 tersebut diterima langsung oleh Kepala Kantor Kecamatan Galesong Utara, Ismail, SE, di ruang pola kantor kecamatan, Senin (20/7/2022) lalu.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PBL, Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes dan Dian Anggraeni Rachman, S.KM.,M.Kes, menyatakan respek dan berterima kasih pada sambutan pemerintah setempat terhadap mahasiswa yang PBL di Desa Bontolanra, Kabupaten Takalar.”Perlu kami sampaikan bahwa peserta kita adalah seluruh masyarakat Desa Bontolanra, Kecamatan Galesong Utara yang memanfaatkan bank sampah sebagai produk dari mahasiswa kita yang PBL,” kata Dian Anggraeni Rachman. “Bahkan kita sangat bersyukur karena mereka merespon dengan positif hasil dari bank sampah ini yang tentu saja dapat menjadi pemasukan dari segi ekonomi,” tambahnya.

Bahkan menurutnya, selain itu mereka bisa langsung menukarkan dengan alat rumah tangga, karena ada pengumpul yang mendatangi desa untuk mengambil sampah organik agar bisa didaur ulang.”Pada dasarnya tujuan dari program ini agar bisa memberdayakan masyarakat untuk lebih produktif dan mampu memberi manfaat dari segi ekonomi.  Bahkan dengan adanya bank sampah ini, masyarakat mampu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing,” katanya. (*)

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *